Wednesday, January 16, 2008

Timnas sepak bola Perancis
Tim nasional sepak bola Perancis adalah tim yang mewakili Perancis dalam kejuaraan sepak bola internasional.
Empat tahun setelah menjuarai Piala Dunia FIFA 1998, pada turnamen tahun 2002 saat pertandingan pembukaan, Perancis sebagai juara bertahan kalah dari Senegal dan bahkan tidak mampu lolos dari babak penyisihan grup. Tim Perancis tersebut juga tidak mencetak satu golpun.

Timnas sepak bola Perancis Piala Dunia 2006
Tim Perancis yang mengikuti Piala Dunia FIFA 2006 sudah jauh berubah daripada saat menjadi Juara Dunia 1998 dan Euro 2000, walaupun Zidane, Claude Makelele, Patrick Vieira, Thierry Henry dan Lilian Thuram masih ikut serta dalam tim nasional.
Piala Dunia 2006 ini tak ubahnya seperti A Tribute to Zinedine Zidane, pemain terbesar yang pernah dimiliki Prancis saat ini. Zidane sudah menyatakan mundur usai Euro 2004, tapi kemudian ia kembali dan membawa Perancis yang hampir tidak lolos berlaga di ajang Piala Dunia 2006. Tapi Perancis yang pada semulanya tidak diunggulkan karena permainannya yang buruk pada babak penyisihan grup ini membuat kejutan. Pertama mereka mengalahkan Spanyol 3-1 pada perdelapan final, kemudian mereka bertemu Brasil pada babak perempat final. Dan dengan gol tunggal Thiery Henry memanfaatkan umpan dari kapten Zinedine Zidane membuat Perancis mengalahkan negara unggulan juara WC 2002, Brasil dengan skor 1-0. Perancis kembali menang atas Portugal di babak semifinal dengan gol tunggal Zinedine Zidane (tendangan penalti) setelah Thiery Henry berhasil dijatuhkan di dalam kotak penalti. Di final Perancis berhadapan dengan Italia. Skor akhir babak normal 1-1 berlanjut dengan adu penalti. Perancis kemudian kalah dengan skor 5-3. Pada menit-menit terakhir babak kedua perpanjangan waktu, Zidane mendapat kartu merah karena tindakan tidak sportifnya memukul badan pemain Italia, Materazi. Sebagai akibatnya, Zidane tidak bisa ikut menjadi penendang penalti. Sempat terlihat Zidane menangis saat meninggalkan lapangan.

No comments: